Candi Sojiwan, Si Cantik Dengan Banyak Dongeng

candi sojiwan

Candi adalah salah satu daya tarik Kabupaten Klaten, ada banyak situs candi yang ditemukan di Kabupaten yang terletak diantara Solo dan dan Yogyakarta tersebut. Meskipun yang paling populer adalah Candi Prambanan, namun ada satu candi laiinya yang juga patut untuk dikunjungi dengan sewa bus Klaten jika anda singgah di Kabupaten Klaten. Namanya adalah Candi Sojiwan.

Memang tak banyak orang yang tau mengenai keberadaan Candi Sojiwan. Hal ini karena Candi ini baru selesai dipugar dan direkonstruksi kemudian dibuka sebagai tempat wisata pada tahun 2011 lalu. Sebelumnya candi ini hanya berupa reruntuhan dan bongkahan-bongkahan batu yang tidak menarik untuk dilihat dan dikunjungi. Candi ini terletak tidak jauh dari Candi Prambanan dan Candi Plaosan yang sudah populer di kalangan wisatawan terlebih dahulu.

Jika dilihat, Candi Sojiwan ini memiliki bentuk yang mirip dengan Candi Prambanan, yaitu ramping dan tinggi. Hanya saja, jika Candi Prambanan adalah candi bagi penganut agama hindu, tidak dengan  Candi Sojiwan. Candi Sojiwan adalah candi yang merupakan perkawinan antara candi hindu dan budha.Struktur banguannya adalah dengan  Atap candi yang bersusun tigadengan jajaran stupa pada tiap tingkatannya dan terdapat stupa besar di puncak candi tersebut.

Berdasarkan relief yang terdapat pada Candi Sojiwan, Candi ini dibangun oleh Raja Balitung sebagai bentuk penghormatan terhadap nenek beliau, Nini Haji Rakryan Sanjiwana, yang beragama Budha. Nama Sojiwan juga diambil dari nama nenek Raja Balitung yaitu Sanjiwana. Satu hal yang menarik dari Candi Sojiwan adalah adanya relief binatang atau fabel yang berhubungan dengan cerita Jataka yang terletak pada kaki candi. Relief tersebut diantaranya adalah relief kera yang sedang mensiasati buaya sehingga bisa menyeberang sungai, dongen perlombaan antara kura-kura dan garuda, dan masih banyak lagi dongen – dongen yang tercatat pada relief candi sojiwan.

Dengan dongeng– dongeng yang tercetak pada relief – relief  tersebut, bisa berguna bagi para orangtua yang gemar mendongeng, karena dengan mengunjungi candi ini bersama anak – anak anda dapat mengenalkan berbagai dongen dan fable menarik. Berkeliling candi sambil bercerita tentu akan menimbulkan memori indah bagi si kecil. Mereka akan terus mengenang kmemori ketika berlibur bersama keluarganya.

Candi Ini dapat dijadikan sebagai referensi kunjungan edukasi bagi para orang tua dan lembaga pendidikan, selain dapat menimba ilme berupa sejarah dan kebudayaan, namun dari candi ini, kita juga dapat mencari tahu berbagai dongeng dan cerita rakyat. Secara letak, Candi Sojiwan berlokasi  di Desa Kebondalem Kidul, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Walaupun secara  administratif Candi ini terletak di wilayah Jawa Tengah,Namun Candi ini juga dekat dengan Yogyakarta sehingga anda juga dapat berwisata ke beberapa tempat di Yogyakarta. Selain itu candi Ini juga terletak sangat dekat dengan Candi Prambanan dan Candi Plaosan, sehingga anda bisa sekaligus mengujungi candi – candi lain yang berdekatan dengan Candi Sojiwan.

Demikianlah sedikit cerita sejarah dari Candi Sojiwan. Candi Sojiwan dikatakan menyimpang sejuta dongeng karena di candi tersebut terdapat berbagai dongeng yang menarik bagi anak – anak maupun dewasa. Candi ini juga memilki pemandangan yang indah dengan latar tumbuhan hijau dan lapangan rumput yang luas de sekitarnya. Jadi anda dapat melepas lelah dengan menikmati keindahan alamnya. Bagaimana? Anda tertarik untuk mengunjunginya? Jika iya, segera atur rencana perjalanan anda dan hubungi Happy Bus untuk memasukkan Candi Sojiwan dalam jadwal kunjungan anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *